Rabu, 09 Desember 2009

Pelaksanaan Pengikatan Barang Jaminan


05 Desember 09
Pengikatan jaminan akan berbeda antara satu jenis jaminan dengan jaminan lainnya, baik dari segi barang jaminan itu sendiri, maupun lembaga pengikatan jaminan terkait. Maka dari itu akan dijelaskan sebagai berikut :

1.Hipotek adalah hak kebendaan atas benda yang tak bergerak bertujuan untuk memperhitungkan pembayaran kembali dari suatu utang dengan uang dari pendapatan penjualan benda tak bergerak tersebut.
Jenis-jenis barang jaminan yang dapat diikat dengan hipotek adalah hanya benda-benda tak bergerak saja yaitu :
Tanah hak milik, tanah hak guna bangunan dan tanah hak tuna usaha saja. Sedangkan tanah-tanah yang belum mempunyai sertifikat seperti tersebut diatas belim dapat dialkukan pengikatan secara hipotek dan dapat ditempuh dengan cara lain yaitu dengan kredit verband atau fiducia. Barang-brang lain yang dapat diikat secara hipotek yaitu kapal laut dan pesawat terbang dengan persyaratan-persyaratan tertentu yang telah ditetapkan oleh perundang-undangan ang ada/berlaku (catatan khusus untuk hipotek pesawat terbang belum ada ketentuan perundang-undangannya).
Perlu dicatat daam pelaksanaan hipotektersebut harus dipenuhi 2 syarat yaitu :
a)Asas specialiteit maksudnya harus ditunjuk suatu benda tertentu atau benda yang khusus yang akan dijadikan jaminan utang.
b)Asas open baarheid maksidnya harus diumumkan karena mempunyai akibat hukum terhadap pihak ketiga.
2.Gadai adalah suatu hak yang di peroleh seseorang kreditur atas suatu barang bergerak yang diserahkan kepadanya oleh seseorang debitur atau orang lain atas namanya dan yang memberikan kekuasaan kepada si kreditur itu untuk mengambil pelunasan dari barang tersebut didahulikan daripada orang-orang yang berpiutang lainnya.
Jadi barang-barang yang dapa diikat secara gadai adalah barang-barang bergerak yang ada ujudnya maupun barang barang bergerak yang tak ada unjudnya.
Syarat yang harus dipenuhi dalam gadai yaitu barang gadai harus berada didalam kekuasaan pemegang gadai atau si pemberi pinjaman atau pihak lain yang disetujui oleh sipemberi gadai dan jika barang tanggungan itu berada ditangan si peminjam maka gadi itu tidak syah.
3.Fiducia adalah penyerahan hak milik atas barang bergerk (untuk dipakai sebagai jaminan kredit) denga menahan (menggunakan kembali) barang-barang tersebut secara kepercayaan.
Barang-barang yang dapat diikat dengan fiducia hanya barang-barang bergerak saja (namun dalam praktek berkembang suatu praktek bahwa pengikatan tanah yang belum memiliki sertifikat hak milik, hak guna bangunan/rumah/tanaman yang ada diatasnya).
Adapun barang-barang yang dapat diikat dengan fiducia tersebut antara lain :
Stok barang-barang yang akan/sedang diproduksi maupun barang-barang yang akan diperdagangkan.
Inventaris kantor, pabrik, mesin-mesin peralatan-peralatan
Kendaraan-kendaraan bermotor dan lain-lain.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengikatan fiducia/syarat-syarat minimum yaitu :
Adanya penyebutan secara terperinci benda-benda yang akan dipindahkan haknya.
Ketergantungan dari debitur bahwa ia berwenang untuk menguasai dan berwenang untuk menyerahkan hak milik atas benda-benda tersebut.
Adanya pembatasan-pembatasan terhadap perbuatan debitur yang dapat merugikan.
4.Credietverband/kredit verband adalah suatu jaminan atas tanah milik adat yang diberikan oleh lembaga-lembaga perkreditan yang berdasarkan peraturan pembentukannya diberikan wewenang untuk memberikan pinjaman denga jaminan kredit verband (dalam hal ini yang dapat memberikan kredit dengan jaminan kredit verband hanyalah bank-bank milik pemerintah saja)
Proses pengikatan haruslah dilakukan di muka pejabat pembuat akta tanah (PPAT).
Perbedaan dengan hipotek :
Hanya untuk tanah yang memiliki status tanah milik adat.
Dilarang memindahkan ketangan orang lain barang (=tanah) yang telah dibebani dengan kredit verband.
Hanya diperbolehkan satu kredit verband atas sebidang tanah.

(edi45puji@gmail.com)
telusuri Email ini untuk mendapatkan alamat Facebook Penulis.tq..

3 komentar:

  1. Apakah Anda mencari bantuan keuangan, Apakah Anda sangat membutuhkan bantuan keuangan? Perusahaan Melvin Finance di sini untuk memberikan Anda, jumlah pinjaman yang diminta Anda asalkan Anda akan dapat membayar kembali pinjaman. Kami memberikan pinjaman pada kisaran minimal $ 2.000 sampai $ 100,000 USD pada tingkat 5% bunga. Anda dapat menghubungi kami untuk setiap jenis pinjaman. untuk lebih jelasnya email kami dan mengajukan permohonan pinjaman berikutnya.

    Pinjaman Pribadi
    Kredit Usaha
    Kredit Mobil
    Rumah Kredit
    Pinjaman untuk membayar tagihan
    Pinjaman hipotek
    Student Loan
    Pinjaman Asuransi

    Untuk jenis lain pinjaman, jangan email kami sesegera mungkin dengan rincian sebagai berikut menyatakan jumlah yang Anda butuhkan sebagai pinjaman.

    Nama Lengkap: ...........................
    Jumlah Dibutuhkan: ...........................
    Durasi ketika Anda akan membayar kembali pinjaman: ...........................
    Negara: ...........................
    hubungan seks: ...........................
    Nomor telepon:

    Setelah informasi ini diterima oleh perusahaan saya, pengolahan pinjaman Anda akan dimulai segera.
    hubungi kami melalui email patocompany@blumail.org

    BalasHapus
  2. Do you need a loan .We are Legitimate and guarantee loan lender. We are a company with financial assistance. We loan funds out to individuals in need of financial assistance, that have a bad credit or in need of money to pay bills, to invest on business. I want to use this medium to inform you that we render reliable beneficiary assistance as We'll be glad to offer you a loan Contact us via Email: hmloans2@gmail.com

    Services Rendered include

    *Debt Consolidation
    *Business Loans
    *Personal Loans.
    *Car Loans
    *Rent and House Loans

    Write back if interested with our interest rate of 4% annual. Contact us via Email: hmloans2@gmail.com

    Please Note: All interested individual must send a message to our email for urgent response and details to obtain a Loan.

    Best Regards.
    Email: hmloans2@gmail.com
    +15175650123

    BalasHapus
  3. Selamat siang,

    Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi atau bisnis tanpa tekanan dan dengan persetujuan cepat ?, kami di Global Finance dapat memberi Anda pinjaman asli untuk memenuhi kebutuhan Anda.

    Proses kami meliputi;

    * MINAT BUNGA RENDAH !!

    * PENJUALAN PINJAMAN CEPAT !!

    * PENGOLAHAN BEBAS MUDAH DAN STRES.

    * DIJAMIN HARI YANG SAMA TRANSFER !!

    * 100% TEPERCAYA DAN GENUINE !!

    Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang penawaran pinjaman dan kami akan mengakhiri masalah keuangan Anda

    Hubungi kami melalui:

    EMAIL: sarahharvey@myglobalfinancefund.com

    BalasHapus