Selasa, 15 Desember 2009

TIPS INVESTASI ala SYARIAH


13 Desember 2009
TIPS INVESTASI ala SYARIAH
Oleh : Edi.pujiyanto.

Jika anda adalah seseorang muslim, cukup sibuk, dan tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan usaha-usaha sampingan, sedang anda sangat ingin memperoleh penghasilan tambahan, maka cara yang tepat adalah investasi dana anda pada sebuah kegiatan yang produktif, namun tetap halal tentunya. Sebagian orang memang memilih investasi pada bentuk-bentuk jasa keuangan bank/lembaga keuangan syariah yang mudah dijumpai, seperti tabungan mudharabah, atau bisa juga deposito mudharabah dengan kapasitas penawaran nisbah yang lebih menarik. Anda juga dapat menginvestasikan dana anda pada lembaga-lembaga yang khusus dalam hal tersebut, seperti reksa dana syariah, dimana anda akan ditawarkan sebuah keuntungan yang lebih menarik/tinggi, namun resikonya juga tinggi. Namun jika anda adalah seseorang yang tidak mau mengambil resiko pada dana anda, dan tetap mengharapkan keuntungan, maka ada cara lain berinvestasi secara safety dan cukup menguntungkan, yaitu investasi emas/logam mulia.
Investasi logam mulia/emas ini memang merupakan jenis investasi non resiko, namun tetap menawarkan keuntungan yang menggiurkan. Adapun kelebihan dari investasi emas ini adalah minimnya depresiasi/nilai penyusutan dari waktu kewaktu. Adapun tips agar investasi emas anda menjadi lebih menguntungkan adalah :
1)Usahakan membeli emas logam/batangan, karena memiliki peluang naik yang lebih stabil. Alasannya adalah, emas berbentuk logam/batangan tentu tidak membutuhkan ongkos pembuatan dan tidak mungkin terjadi variasi trend.
2)Lebih selektif jika anda membeli emas yang sudah berbentuk perhiasan, karena sewaktu-waktu akan memiliki kemungkinan terjadi perubahan trend. Semakin tidak diminati suatu trend, maka peminatnya akan semakin sedikit dan nilainyapun akan semakin rendah.
3)Untuk investasi yang terlalu lama/lebih dari satu tahun (dengan kadar =/< 85gram), maka terkena wajib zakat 2,5 %, sehingga untuk investasi akan lebih produktif untuk jangka waktu yang relatif tidak terlalu lama.
4)Perhatikan posisi tempat tinggal anda berdiri. Jika tempat tinggal anda jauh/cukup jauh dari tempat dimana anda bisa mendapatkan atau menjual emas anda, maka tentu akan memotong pendapatan anda, seperti biaya transportasi, makan atau pengamanan jika anda membutuhkan jasa pengawalan. Jadi usahakan meminimalisir beban-beban biaya yang dikeluarkan.
Didalam berinvestasi emas ini, faktor keamanan memang sangat dibutuhkan, sehingga dimana anda menyimpan emas anda ataupun seperti apa lingkungan yang anda tempati sekarang, merupakan faktor yang cukup dominan didalam menentukan kesuksesan anda berinvestasi. Untuk pencegahan, usahakan memilih tempat penyimpanan yang dekat/cukup dekat dari kantor penegak hukum setempat/polisi. Akses yang mudah bagi keamanan untuk bekerja, akan lebih baik.
Sekian dari penulis, dan akhirnya selamat mencoba, jangan lupa shodaqoh dan semoga sukses..amienn...

(Penulis adalah mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Pekalongan)
Email : edi45puji@gmail.com. Or facebook.

1 komentar: